Sangat bermanfaat, berikut 5 fitur keamanan Telegram yang wajib Anda ketahui

  • Share

Ada lima fitur keamanan Telegram yang harus Anda ketahui. Tidak hanya berguna, tetapi juga mempermudah penggunaan layanan obrolan ini.

Tentunya sebagai pengguna aktif media sosial sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Telegram, aplikasi layanan pesan instan multi platform gratis dan non profit.

Sangat bermanfaat, berikut 5 fitur keamanan Telegram yang wajib Anda ketahui

Sangat-bermanfaat,-berikut-5-fitur-keamanan-Telegram-yang-wajib-Anda-ketahui

Baca juga:
– Telegram merilis fitur panggilan video grup, begini cara kerjanya
– Pendiri Telegram menyebut pengguna iPhone sebagai budak digital Apple
– Gak ribet, disini kamu akan belajar cara memindahkan stiker telegram ke whatsapp
– Tips cara mendapatkan centang verifikasi akun Telegram resmi

Aplikasi Telegram pertama kali dirilis pada tahun 2013 dan sekarang sudah tersedia di berbagai platform termasuk iOS, Android dan juga desktop.

Dibandingkan dengan aplikasi layanan pesan instan lainnya, Telegram juga tak kalah populer, lho. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai aplikasi favorit banyak orang antara lain gratis, bebas iklan, dapat menampung lebih banyak anggota grup (200.000 anggota), memiliki fitur saluran dan masih banyak lagi.

Namun terlepas dari keunggulan tersebut, Telegram juga memiliki berbagai fitur keamanan

yang membuat aplikasi ini menonjol dan lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan aplikasi pesan instan lainnya.
Ilustrasi telegram. (Shutterstock)
Ilustrasi telegram. (Shutterstock)

Penasaran? Yuk, simak 5 Fitur Keamanan Telegram yang Wajib Kamu Ketahui Di Bawah Ini!

1. Blokir pesan dengan fitur chat blocker untuk menghindari teman usil

Anda mungkin pernah merasa tidak nyaman saat mengobrol di tempat umum atau di dekat teman Anda karena takut orang lain melihat isi pesan Anda. Jangan khawatir, sebagai pengguna Telegram, Anda bisa menggunakan fitur pemblokiran obrolan untuk mencegah orang lain mengetahui isi pesan Anda.

Untuk melakukannya, cukup klik tombol “Pengaturan” – “Privasi dan keamanan” – “Kode Sandi dan ID Sentuh” – “Atur PIN atau ID Sentuh” – Selesai! Pesan Anda akan terkunci secara otomatis jika aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit, atau Anda dapat mengaktifkan fitur ini kapan saja dengan mengklik ikon kunci obrolan di bagian atas aplikasi Telegram Anda.

2. Kirim pesan rahasia dengan fitur Obrolan Rahasia

Apakah Anda ingin mengirim pesan rahasia dengan sahabat Anda? Fitur secret chat milik Telegram bisa kamu gunakan lho. Melalui fitur ini, Anda dapat mengirimkan pesan rahasia kepada siapapun yang Anda inginkan.

Fitur Obrolan Rahasia di aplikasi Telegram terenkripsi end-to-end, sehingga tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat pesan Anda dengan teman Anda saat menggunakan fitur ini, termasuk Telegram. Hebat, bukan? Untuk mengaktifkannya, cukup klik kontak orang yang ingin Anda kirimi pesan, klik namanya, lalu klik Mulai Obrolan Rahasia di ikon Lainnya.

3. Akses login super aman dengan fitur verifikasi dua langkah

Saat ini sudah banyak aplikasi yang menggunakan fitur verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan penggunanya, tidak terkecuali Telegram. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna akan diminta memasukkan kata sandi setiap kali mengakses akun Telegram pribadinya melalui perangkat baru atau lama.

Kata sandi ini diperlukan selain OTP (One Time Password) yang ditampilkan saat pengguna memasang akun Telegram di perangkat baru. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi akun pengguna aplikasi dari pencuri identitas yang mengetahui kata sandi dan mencoba meretas akun Telegram mereka.

4. Mendukung server proxy

Selain tiga fitur yang disebutkan di atas, Telegram juga mendukung proxy server. Fitur ini memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat IP mereka dengan menghubungkan akun mereka ke server proxy khusus.

Pada dasarnya fitur ini bekerja dengan cara yang sama seperti koneksi VPN, yaitu digunakan oleh banyak orang untuk melindungi identitas mereka di internet. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan – Data dan Penyimpanan – Pengaturan Proxy.

5. Salkir? Jangan panik, kamu bisa menghapus pesan terkirim lho!

Seringkali kita terlalu asyik mengobrol hingga melakukan kesalahan saat mengirim pesan. Seharusnya dikirim ke teman tapi tujuan malah. Jika ini terjadi pada Anda, jangan khawatir karena aplikasi Telegram memungkinkan Anda menghapus pesan terkirim.

Bahkan lebih keren: Tidak seperti aplikasi perpesanan instan lainnya, Anda dapat menghapus pesan terkirim kapan saja dan tanpa batas. Jadi jika Anda ingin menghapus pesan yang ditulis sebelum e

Baca Juga :

https://ptmahakamkencanaintanpadi.co.id
https://polresmalangkota.id
https://logistikpangan.id
https://staklimtangsel.id
https://bppdkaltim.id

  • Share