Bagaimana Mengatur Privasi Facebook dengan Lebih Baik

  • Share

Cara mengelola privasi Facebook dengan lebih baik

Bagaimana Mengatur Privasi Facebook dengan Lebih Baik

Memiliki banyak pengikut atau teman di media sosial memang menyenangkan. Tetapi ada kalanya kita membutuhkan sedikit privasi. Terutama di Facebook, tempat kita terhubung dengan keluarga dan teman dekat di luar teman online. Tentu saja, ada hal-hal yang ingin kami bagikan – baik itu foto, tautan, atau status – yang tidak perlu dilihat semua orang. Inilah sebabnya mengapa manajemen privasi Facebook sangat penting.

Facebook telah menyediakan berbagai cara untuk mengatur privasi penggunanya. Ini semua tentang bagaimana kita menggunakannya dengan benar tergantung pada apa yang kita inginkan. Bagaimanapun, media sosial hanyalah alat. Manusialah yang menentukan untuk apa alat itu.

Ayo mulai.

Baca Juga: 4 Faktor Yang Membuat Status Facebook Populer
Buat daftar teman

Sebelum masuk ke pengaturan privasi, ada baiknya Anda membuat daftar khusus teman-teman tertentu. Daftar khusus ini bisa berupa anggota keluarga, teman kerja, teman sekolah, teman futsal, klub memasak, teman bermain game, atau apa pun.

Fungsi membuat daftar teman Facebook adalah untuk memudahkan mengatur opsi privasi dan membatasi visibilitas posting di umpan berita.

Dari yang saya coba, membuat daftar teman baru bisa dilakukan melalui browser di komputer. Baik aplikasi Facebook (Android) maupun browser seluler tidak tersedia.
Cara membuat daftar teman Facebook

Pilih “Daftar Teman” dari kategori “Jelajahi” di bilah sisi Facebook. Jika tidak ada, tekan “▾ Show More” untuk membuka semua opsi.
Tekan tombol +Buat Daftar.
Beri nama daftar dan pilih siapa teman Anda dalam daftar.

Buat daftar teman Facebook
Buat daftar teman Facebook

Buat daftar teman yang sering berinteraksi di Facebook dan atur menurut klasifikasi tertentu. Seperti yang saya berikan contoh di atas: tim futsal, klub memasak, teman yoga, dll.

Baca Juga: Laporkan Akun Facebook Orang Mati
Setel privasi Facebook secara umum

Di sini Anda mengatur privasi umum Anda. Pengaturan ini akan menjadi batas default Anda di Facebook.

Fungsinya untuk mengontrol siapa yang dapat melihat postingan Anda, menghubungi Anda, dan menemukan Anda di Facebook.
Cara Mengatur Privasi Facebook di Komputer (Menggunakan Browser)

Klik tombol tarik-turun di bilah menu Facebook (paling kanan) dan pilih “Pengaturan”.
Pilih “Privasi” di bilah sisi kiri.
Ada tiga kategori besar dengan subkategori opsional (siapa yang dapat melihat posting Anda, menghubungi Anda, dan mencari Anda) di dalamnya.
Pilih “Edit” di setiap opsi untuk mengaturnya.
Silakan pilih salah satu opsi “Publik”, “Teman”, “Hanya saya” atau lainnya. Pilihan lain membawa daftar teman khusus. Ini dapat didasarkan pada lokasi, keluarga, sekolah, atau daftar teman yang Anda buat sendiri.

Pengaturan privasi Facebook di browser
Setel privasi Facebook
Cara mengatur privasi Facebook di aplikasi

Tekan tombol Menu. Geser ke bawah dan pilih “Pintasan Privasi” di bawah kategori “Bantuan & Pengaturan”.
Pilih “Pemeriksaan Privasi”.
Facebook akan memandu Anda melalui opsi privasi umum.

Pemilihan audiens umum untuk semua posting Anda di Facebook.
Preferensi, yang dapat menampilkan informasi dari profil Anda, seperti misalnya: nomor telepon, alamat email, tempat lahir, kota asal, dll.
Aplikasi atau game terintegrasi dengan akun Facebook Anda.
Kontrol siapa yang dapat melihat postingan dari aplikasi atau game. Perlu diingat bahwa tidak semua teman Anda akan menyukai aplikasi atau game yang dimaksud. Selain privasi Anda, pertimbangkan privasi mereka (alih-alih berhenti mengikuti atau tidak berteman).
Periksa dengan seksama apakah ada aplikasi atau game yang tidak lagi Anda gunakan atau tidak Anda kenali. Jika ya, lebih baik untuk menghapusnya.
Pilih pengaturan privasi umum (siapa yang dapat melihat, menghubungi, dan menemukan posting Anda) sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di bawah pengaturan perlindungan data ini, Anda akan menemukan informasi lebih lanjut tentang perlindungan data di Facebook dan tautan ke pengaturan lain.

Sumber :

  • Share